Laman

Senin, 18 Januari 2016

PRANATA SOSIAL


Pranata sosial menurut saya adalah beberapa kumpulan prosedur atau aturan yang berfungsi untuk mengatur tatanan sosial dalam bermasyarakat, menurut beberapa sumber saya mengambil beberapa bagian yang

Menurut Dr. Koentjaraningrat, pranata sosial dapat dibagi menjadi 8 berdasarkan tujuannya :
  1. Memenuhi kebutuhan sosial dan kekerabatan (kinshipatau domestic institutions) contoh : gotong royong untuk membersihkan lingkungan.
  2. Memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup, memproduksi, menimbun, dan mendistribusikan harta benda (economic institutions) contoh  : seorang ibu berjualan sayur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  3. Memenuhi kebutuhan pengetahuan dan pendidikan manusia atau educational institutions. contoh : Mahasiswa yang melanjutkan studi S2-nya.
  4. Memenuhi kebutuhan ilmiah manusia (scientific institutions) contoh :  Seorang periset bekerja sebagai peneliti virus ebola.
  5. Memenuhi kebutuhan manusia untuk menyatakan rasa keindahan dan rekreasi (aesthetic and recreational institutions) contoh : Isyana Sarasvati bernyanyi opera di concert hall.
  6. Memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan (religius institutions) contoh : Karyawan yang pergi ke masjid untuk shalat jum’at.
  7. Memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara (political institutions) contoh : Gubernur Jakarta, Pak Ahok memerintahkan untuk menertibkan PKL liar.
  8. Memenuhi kebutuhan jasmani manusia (somatic institutions) contoh : Setiap 6 bulan sekali masyarakat dianjurkan untuk cek kesehatan gigi dan mulut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar