Laman

Senin, 22 April 2013

Capital Adequacy Ratio - CAR

Definisi 'Capital Adequacy Ratio – CAR

Ukuran modal bank. 

Hal ini dinyatakan sebagai persentase dari eksposur risiko kredit bank tertimbang.Juga dikenal sebagai "Modal untuk Risiko Rasio Aktiva Tertimbang (CRAR). 


 

Rasio ini digunakan untuk melindungi deposan dan mempromosikan stabilitas dan efisiensi sistem keuangan di seluruh dunia.


 

Dua jenis modal yang diukur: tier satu modal, yang dapat menyerap kerugian tanpa sebuah bank dituntut untuk menghentikan perdagangan, dan tier dua modal, yang dapat menyerap kerugian dalam hal berliku-up dan sehingga menyediakan tingkat yang lebih rendah perlindungan terhadap deposan

Rasio kecukupan modal (CAR), juga disebut Modal untuk Risiko (tertimbang) Rasio Aktiva (CRAR), adalah rasio modal bank untuk regulator risk.


 

National yang melacak CAR suatu bank untuk memastikan bahwa hal itu dapat menyerap jumlah yang wajar kerugian dan sesuai dengan persyaratan Modal perundang-undangan Rasio kecukupan modal (CAR), juga disebut Modal untuk Risiko (tertimbang) Rasio Aktiva (CRAR), adalah rasio modal bank untuk regulator risk.National yang melacak CAR suatu bank untuk memastikan bahwa hal itu dapat menyerap jumlah yang wajar kerugian dan sesuai dengan persyaratan Modal perundang-undangan.

CAR(Capital Adequacy Ratio) adalah rasio kecukupan modal yang berfungsi menampung risiko kerugian yang kemungkinan dihadapi oleh bank. Semakin tinggi CAR maka semakin baik kemampuan bank tersebut untuk menanggung risiko dari setiap kredit/aktiva produktif yang berisiko. Jika nilai CAR tinggi maka bank tersebut mampu membiayai kegiatan operasional dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi profitabilitas.


Capital Adequacy Ratio menurut Lukman Dendawijaya (2000:122) adalah " Rasio yang memperlihatkan seberapa jauh seluruh aktiva bank yang mengandung risiko ( kredit,penyertaan , surat berharga, tagihan pada bank lain ) ikut di biayai dari dana modal sendiri bank disamping memperoleh dana – dana dari sumber – sumber di luar bank , seperti dana dari masyarakat , pinjaman , dan lain – lain.


 

CAR merupakan indikator terhadap kemampuan bank untuk menutupi penurunan aktivanya sebagai akibat dari kerugian – kerugian bank yang di sebabkan oleh aktiva yang berisiko.

Rumus


 

Rasio kecukupan modal ("CAR") adalah ukuran dari jumlah modal inti bank dinyatakan sebagai persentase tertimbang menurut risiko asetnya.


 

Rasio kecukupan modal didefinisikan sebagai


 

TIER 1 MODAL-A Ekuitas) Modal, B) Diungkapkan Cadangan

TIER 2 MODAL-A) Cadangan Terungkap, B) cadangan Rugi Umum, C) Jangka Utang Bawahan


 

mana Risiko dapat menjadi aset tertimbang () atau persyaratan modal minimum total regulator nasional masing-masing itu. Jika menggunakan weighted assets risiko,


 

  ≥ 10%.


 

Ambang persen bervariasi dari bank ke bank (10% dalam kasus ini, persyaratan umum untuk regulator sesuai dengan Kesepakatan Basel) diatur oleh regulator perbankan nasional dari berbagai negara.


 

Dua jenis modal yang diukur: tier satu modal (T1 atas), yang dapat menyerap kerugian tanpa sebuah bank dituntut untuk menghentikan perdagangan, andtier dua modal (T2 di atas), yang dapat menyerap kerugian dalam hal berliku-up dan sebagainya menyediakan tingkat yang lebih rendah perlindungan terhadap deposan.


 

Gunakan


 

Rasio kecukupan modal adalah rasio yang menentukan kemampuan bank untuk memenuhi kewajiban waktu dan risiko lainnya seperti risiko kredit, risiko operasional, dll


 

Dalam formulasi yang paling sederhana, modal bank adalah "bantal" untuk potensi kerugian, dan melindungi deposan bank dan pemberi pinjaman lainnya. Perbankan regulator di sebagian besar negara mendefinisikan dan memonitor CAR untuk melindungi deposan, sehingga menjaga kepercayaan dalam sistem perbankan.


 

CAR mirip dengan leverage; dalam perumusan yang paling dasar, adalah sebanding dengan kebalikan dari utang terhadap ekuitas formulasi leverage (meskipun CAR menggunakan ekuitas atas aset bukan utang-to-equity, karena secara definisi aset sama dengan hutang ditambah ekuitas, transformasi diperlukan). 


 

Tidak seperti memanfaatkan tradisional, namun, CAR mengakui bahwa aset bisa memiliki tingkat risiko yang berbeda.


 

Risiko pembobotan


 

Karena berbagai jenis aset memiliki profil risiko yang berbeda, terutama CAR menyesuaikan untuk aset yang kurang berisiko dengan mengizinkan bank untuk "diskon" rendah-risiko aset.


 

Yang spesifik perhitungan CAR bervariasi dari satu negara ke negara, namun pendekatan umum cenderung sama untuk negara-negara yang menerapkan Persetujuan Basel. 


 

Dalam aplikasi yang paling dasar, utang pemerintah diperbolehkan 0% "bobot risiko" - yaitu, mereka dikurangi dari total aset untuk tujuan perhitungan CAR.


 

Risiko bobot contoh


 

Aktiva tertimbang menurut risiko - Dana Berdasarkan: aktiva tertimbang menurut risiko berarti aset dana berbasis seperti uang tunai, pinjaman, investasi dan aset lainnya. 


 

Derajat risiko kredit dinyatakan sebagai persentase bobot telah ditugaskan oleh RBI untuk masing-masing aset tersebut.


 

Non-didanai (Off-Balance sheet) Produk: Risiko kredit paparan di ¬ tached ke item di luar neraca harus terlebih dahulu dihitung dengan mengalikan jumlah wajah setiap off-balance sheet item dengan faktor konversi kredit. Hal ini kemudian harus kembali dikalikan dengan weightage relevan.


 

Peraturan daerah menetapkan bahwa kas dan obligasi pemerintah memiliki bobot risiko 0%, dan pinjaman hipotek perumahan memiliki bobot risiko 50%. Semua jenis aset lainnya (pinjaman untuk pelanggan) memiliki bobot risiko 100%.



Contoh I :

Bank "A" memiliki total asset sebesar 100 unit, terdiri dari:


 

Kas: 10 unit

Obligasi Pemerintah: 15 unit

Mortgage pinjaman: 20 unit

Lain pinjaman: 50 unit

Aktiva lain-lain: 5 unit


 

Bank "A" memiliki utang dari 95 unit, yang semuanya deposito.Menurut definisi, ekuitas adalah sama dengan aset dikurangi utang, atau 5 unit.


 

Tertimbang menurut risiko aset Bank A dihitung sebagai berikut


 



 


 

Meskipun Bank "A" akan muncul untuk memiliki rasio utang terhadap ekuitas 95:5, atau-to-equity aset hanya 5%, CAR adalah jauh lebih tinggi.


 

Hal ini dianggap kurang berisiko karena beberapa aset yang kurang berisiko daripada yang lain.


 

Jenis modal


 

Aturan Basel mengakui bahwa berbagai jenis ekuitas adalah lebih penting daripada yang lain. Untuk menyadari hal ini, penyesuaian yang berbeda dibuat:


 

Modal Tier I: Aktual kontribusi ekuitas ditambah laba ditahan.


 

Modal Tier II: Pilihan saham ditambah 50% dari utang subordinasi.


 

Berbeda rasio CAR minimum yang diterapkan: minimal Tier I ekuitas untuk risiko aktiva tertimbang dapat 4%, sedangkan CAR minimum termasuk modal Tier II mungkin 8%.


 

Biasanya ada maksimum modal Tier II yang dapat "dihitung" terhadap CAR, tergantung pada yurisdiksi.


 

Contoh II :


 

Bila anda mendapat Rp.1000/bulan dari orang tua, anda dapat menentukan sendiri berapa yang harus tetap menjadi uang setelah uang tersebut anda belanjakan (untuk ongkos, membeli buku, pulsa, rokok, dll). sisa uang yang tetap menjadi uang tersebut dapat dianalogikan sebagai CAR di perbankan tersebut, setelah semua uang yang masuk dipotong untuk pemberian kredit, kpr, dll. dan CAR tersebut besarnya ditentukan oleh BI. dan bila suatu bank itu CARnya 0% apalagi sudah minus, berarti bank tersebut sudah tidak mempunyai modal/uang/capital lagi.


 

CAR adalah rasio yang memperlihatkan seberapa besar jumlah seluruh aktiva bank yang mengandung resiko (kredit, penyertaan, surat berharga, tagihan pada bank lain) ikut dibiayai dari modal sendiri disamping memperoleh dana-dana dari sumber-sumber diluar bank.


 


 

Rasio ini dapat dirumuskan sebagai berikut :

CAR

>> Contohnya :


 

bila anda mendapat Rp.1000/bulan dari orang tua, anda dapat menentukan sendiri berapa yang harus tetap menjadi uang setelah uang tersebut anda belanjakan (untuk ongkos, membeli buku, pulsa, rokok, dll). sisa uang yang tetap menjadi uang tersebut dapat dianalogikan sebagai CAR di perbankan tersebut, setelah semua uang yang masuk dipotong untuk pemberian kredit, kpr, dll. dan CAR tersebut besarnya ditentukan oleh BI. dan bila suatu bank itu CARnya 0% apalagi sudah minus, berarti bank tersebut sudah tidak mempunyai modal/uang/capital lagi.


 

CAR adalah rasio yang memperlihatkan seberapa besar jumlah seluruh aktiva bank yang mengandung resiko (kredit, penyertaan, surat berharga, tagihan pada bank lain) ikut dibiayai dari modal sendiri disamping memperoleh dana-dana dari sumber-sumber diluar bank.


 

Perhitungan Modal dan Aktiva Tertimbang Menurut Risiko dilakukan berdasarkan ketentuan Kewajiban Penyediaan Modal Minimum yang berlaku.


Rasio kecukupan modal


 

Rasio kecukupan modal (CAR), juga dikenal sebagai Modal untuk Risiko (tertimbang) Rasio Aktiva (CRAR) adalah ukuran dari modal bank terhadap risiko. Hal ini dihitung sebagai rasio modal bersih bank untuk faktor-faktor risiko yang dilibatkan.Modal kata lain rasio kecukupan dapat ditentukan sebagai persentase dari risiko tertimbang terhadap cakupan kredit bank.


 


 

Formula mewakili rasio kecukupan modal

Dalam istilah sederhana, CAR dapat dinyatakan sebagai ukuran dari jumlah yang hadir modal di bank. Hal ini dinyatakan sebagai persentase dari kredit yang yang risiko tertimbang.

Rasio kecukupan modal (CAR) dapat didefinisikan dalam rumus sebagai:



 

Di sini, Risiko dapat dinyatakan dalam dua cara, bisa berupa aktiva tertimbang ( mungkin jumlah regulator nasional masing-masing itu. Modal diukur di sini adalah dua jenis tier satu modal dan tier dua modal.Tier satu modal dimiliki kemampuan untuk menyerap kerugian tanpa memaksa bank untuk menghentikan transaksi. Dua tingkat modal dapat mengambil kerugian bahkan dalam hal menutup bank.


 

Dengan demikian, Rasio Kecukupan Modal (CAR) dapat didefinisikan dalam cara yang lebih baik sebagai:



 

Bagaimana rasio kecukupan modal bekerja


 

Dalam neraca bank apapun, ada tiga sisi aset, kewajiban dan ekuitas. Di sisi aset, ada daftar pinjaman dan aset lain yang bank bermaksud untuk tetap ditahan. Aset tetap ditahan melibatkan tingkat tertentu risiko mendapatkan disalahgunakan. Kategori yang berbeda dari aset bank kemudian diberikan berbagai tingkat weightage risiko, yang merupakan ukuran dari total kredit yang tersedia untuk faktor risiko. Ini adalah pengukuran CAR.Setiap bank perlu memesan sejumlah aset kredit untuk risikonya.Jumlah minimum CAR sebagaimana dinyatakan oleh Ordonansi Perbankan adalah 8 persen.


 

Kami memiliki beberapa contoh ekonomi telah gagal karena ambruknya lembaga keuangan. Melalui rasio kecukupan modal (CAR), setiap institusi keuangan telah menyimpan beberapa dana untuk membantu mereka dalam masa krisis. 


 


 

>> sumber :
http://www.economypedia.com/wiki/index.php?title=Capital_adequacy_ratio

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/pengertian-capital-adequacy-ratio-car/

http://salahsambung-adet.blogspot.com/2011/06/pengertian-capital-adequacy-ratio-car.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/pengertian-capital-adequacy-ratio-car/

 http://www.investopedia.com/terms/c/capitaladequacyratio.asp#axzz1iThAlSGR

http://en.wikipedia.org/wiki/Capital_adequacy_ratio

http://www.maxi-pedia.com/capital+adequacy+ratio+CAR

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/pengertian-capital-adequacy-ratio-car/

http://salahsambung-adet.blogspot.com/2011/06/pengertian-capital-adequacy-ratio-car.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/pengertian-capital-adequacy-ratio-car/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar