Laman

Minggu, 31 Oktober 2010

Analisis SWOT

  LATAR BELAKANG

PT. Kalbe didirikan pada pertengahan tahun 1960 oleh Dr. Boenjamin Setiawan, Ph.D dan Franciscus Bing Aryanto yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Kemudian mereka memutuskan untuk mendirikan Kalbe yang berfokus pada bisnis farmasi.
Dr. Boen adalah seorang dokter dan ahli farmakologi yang sangat paham tentang dunia farmasi, sedangkan Bing yang merupakan saudara Dr. Boen sangat jeli dalam melihat kesempatan mengembangkan bisnis Kalbe. Bing juga memiliki jaringan bisnis dan relasi yang luas.
Kalbe berawal dari garasi kecil di Tanjung Priok di Jakarta utara. Sekarang ini, Kalbe dikenal sebagai salah satu perusahaan farmasi terbesar, yang menduduki peringkat ketiga dari 20 perusahaan farmasi terbesar di Asia Tenggara.

ANALISIS SWOT KALBE FARMA

1. Strength/ Kekuatan

Kalbe merupakan market leader untuk produk kesehatan masyarakat dan market leader untuk produk ethical. Produk-produknya merupakan leading brand dengan berbagai segmentasi pasar yang spesifik. Selain itu produknya merupakan inovator, dengan mengembangkan obat-obatan serta rumusan kimia baru baik dengan kemampuan sendiri ataupun melalui aliansi strategis dengan mitra internasional. Serta banyak menghasilkan produk-produk baru yang berbasis teknologi tinggi.
Pada tanggal 16 Desember 2005, Manajemen Kalbe telah berhasil melakukan penggabungan usaha dengan Dankos dan PT Enseval (”Enseval”) menjadi satu perusahaan dalam rangka menciptakan satu perusahaan farmasi tercatat dan terbesar di kawasan Asia Tenggara. Penggabungan usaha ini akan memberikan peluang bagi masa depan Kalbe dalam meningkatkan efisiensi serta efektivitas. Merger yang melibatkan PT Enseval sebagai superholding dan tiga anak perusahaan yang terdaftar di BEJ tersebut — Kalbe Farma, Dankos Laboratories (DNKS), Enseval Putera Megatrading (EPMS) — sekaligus membentuk perusahaan yang betul-betul terintegrasi. Secara horisontal, Kalbe “baru” menawarkan rentang produk yang jauh lebih luas, mulai dari berbagai bentuk obat dan makanan kesehatan sampai suplemen dan minuman berenergi. Secara vertikal, mereka melakukan kegiatan dari pengadaan bahan baku, manufakturing produk jadi, pemasaran, sampai penjualan dan distribusi.
Kalbe memiliki pengalaman yang cukup panjang dan dari segi finansial, pendapatan kalbe meningkat sekitar 18% per tahun.

2. Weakness/ Kelemahan

Ekspansinya ke noncore-business, seperti ke bisnis property (PT Kalbe Land) dan pendidikan (STIE Kalbe). Ekspansi ini dapat mengakibatkan kurang fokusnya perusahaan dalam pengembangan bisnis farmasi.
Penjualan ekspor sampai dengan September 2005 bertumbuh sebesar 127,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan penjualan lokal bertumbuh dengan 28,6 persen. Meskipun ekspor tumbuh sangat besar, namun melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS tidak dapat membawa keuntungan yang besar juga. Pasalnya, sekitar 90 persen bahan baku masih impor sehingga harganya juga melonjak. Akibatnya, persentase laba kotor (gross margin) hanya mencapai 54,3 persen. Hal ini disebabkan karena Komponen impor dari obat masih sangat tinggi, yaitu sebesar 90% dari bahan baku yang digunakan (bahan aktif dan bahan pembantu) serta sekitar 50% dari bahan pengemas yang digunakan.
Bahan aktif yang sudah bisa diproduksi di dalam negeri jumlahnya tidak berarti dan belum bisa diperoleh dengan harga yang bersaing dibandingkan dengan sumber dari luar negeri. Upaya-upaya untuk meningkatkan self sufficiency di bidang pengadaan bahan baku sering terbentur pada permasalahan :
Ø Banyaknya jenis bahan baku yang digunakan oleh industri farmasi (hingga 6.000 items) sehingga banyak pemakaian per item yang tidak memenuhi skala produksi ekonomis.
Ø Masalah utama adalah pengadaan bahan baku untuk bahan dasar produksi lokal bahan baku yang terkait dengan :
i. Kurang berkembangnya industri kimia hulu yang bisa menopang pengadaan intermediates untuk bahan dasar pembuatan obat. Ketergantungan pada intermediates dari luar negeri hingga tingkat tertentu bisa mengurangi manfaat yang diperoleh dari sintesis lokal.
ii. Kurang adanya koordinasi antara industri terkait misalnya industri petrokimia dan industri farmasi. Sering terjadi industri farmasi mengalami kesulitan karena intermediate-nya tidak bisa dibuat lokal.
Kelemahan pada dasarnya industri farmasi memang merupakan industri yang knowledge intensive dan highly regulated tetapi aspek regulasi industri farmasi di Indonesia dirasa cukup berat yang bersumber dari :
Ø Policy yang ada dibuat dengan semangat pengawasan dan bukan pengembangan;
Ø Pelaksanaan yang terasa lamban karena ketidak seimbangan antra jumlah pengawas dari pemerintah dengan pihak swasta yang harus dilayani.
Mata rantai lain yang merupakan bagian dari aspek pemasaran dan distribusi hasil produksi industri farmasi masih belum seimbang baik secara kualitatif dan kuantitatif:

3. Opportunity/ Peluang

1. Besarnya penduduk Indonesia dan masih rendahnya konsumsi obat perkapita menyebabkan pasar potensial yang bisa dikembangkan. Peluang untuk masuk ke 6 pasar utama di Asia Tenggara dengan populasi mencapai 500 juta atau kira-kira 8% dari populasi dunia. Total pasar ini lebih dari $890 milyar pada GDP dan kemungkinan akan tumbuh 5% per tahun selama 5 tahun ke depan. Konsumsi produk farmasi termasuk resep dan OTC diperkirakan 7 milyar dan berkembang menjadi 13% dari 2005 sampai 2010. Serta terbukanya peluang ekspor sebagai akibat dari penurunan nilai rupiah dan pelaksanaan Good Manufacturing Practice yang baik di Indonesia.
Tahun 2000, Kalbe mulai memberi perhatian lebih besar pada pasar internasional. Awalnya, perusahaan melempar produk ke pasar ASEAN, seperti Malaysia dan Singapura. Kemudian, sayap bisnis ekspornya pun melebar ke Afrika Selatan. Hal ini dibuktikan Kalbe dengan menerapkan strategi-strategi. Strategi pertama, trading based, yakni pihak Kalbe menunjuk distributor lokal di negara-negara tujuan ekspor. Kerja sama ini sangat simpel karena sebatas aktivitas jual-beli saja. Namun, lewat jaringan para trader ini produk-produk Kalbe ada di banyak negara, seperti Pakistan dan Iran, padahal Kalbe belum memiliki mitra distribusi di negara-negara tersebut. Strategi kedua, marketing based. Kalbe membangun kantor perwakilan di setiap negara tujuan yang dari hasil survei internal berpotensi bagi pengembangan produk ekspornya. Saat ini ada 8 kantor perwakilan Kalbe di beberapa negara, seperti Malaysia (untuk pasar Singapura dan Malaysia), Myanmar, Kamboja, Vietnam, Filipina, Sri Lanka dan Thailand. Mereka bertugas melakukan aktivitas pemasaran, memonitor pasar dan melakukan survei. PT Kalbe Farma berencana membangun pabrik Orange Kalbe Limited di Nigeria. Pembangunan pabrik ini untuk memperkuat pangsa pasar di Afrika Barat. “Nigeria akan dijadikan sebagai basis dari pemasaran produk-produk Kalbe Farma,” kata Dirut PT Kalbe Farma Johannes Setijono. Rencananya pabrik itu akan digunakan untuk memproduksi obat-obat OTC (obat tanpa resep) dan minuman energi.
2. Kecenderungan berkembangnya Sistem Penanganan Kesehatan yang wajar yang dapat menyalurkan tenaga dokter termasuk dokter spesialis yang dibutuhkan.

4. Threat/ Ancaman

1. Adanya kompetisi internal yang cukup keras. Sesuatu yang diistilahkannya “perang saudara” terutama terjadi di jalur pemasaran. Lebih spesifik lagi, di produk-produk farmasi yang berada di kategori yang sama. Di obat flu, misalnya, Kalbe memiliki Procold sementara Dankos Laboratories punya andalan yang cukup ampuh, Mixagrip. Lantaran Kalbe dan Dankos bisa saling melihat data masing-masing, mereka bisa saling menjatuhkan.
2. Adanya krisis ekonomi telah membuat daya beli obat rakyat Indonesia menurun sehingga mengancam kelangsungan hidup industri farmasi nasional terutama untuk pasar okal.
3· Diberlakukannya Undang-Undang Paten 1997 dan direvisi tahun 2001, industri farmasi Kalbe Farma, yang terbiasa mengandalkan pengembangan produk-produknya pada strategi copy cat produk-produk baru yang masih dilindungi paten, menjadi sulit untuk mengembangkan produk-produknya.
4· Legal sistem belum dapat menanggulangi obat palsu secara efektif sehingga harga obat menjadi lebih sulit dikontrol.
5· Semakin luasnya pasar yang ingin dicapai, yaitu menembus pasar internasional akan semakin meningkat pula pesaing-pesaing bisnis farmasi. Kalbe mengakui jika produknya masih belum mampu bersaing dengan produk dari Amerika Serikat.

Sumber : http://moko31.wordpress.com/2009/01/22/analisis-swot-kalbe-farma/

0 komentar:

Poskan Komentar


Sabtu, 30 Oktober 2010

HUJAN JANGAN MARAH

http://www.youtube.com/watch?v=EJ33oT7pX_I&p=394530560D4CD592&playnext=1&index=30 
Lihatkah? aku Pucat Pasi
Sembilu Hisapi Jemari
Setiap ku Peluk dan Menangisi Hijau Pucatnya Cemara
Yang Sedih aku Letih

Dengarkah? Jantungku Menyerah
Terbelah Di Tanah Yang Merah
Gelisah dan Hanya Suka Bertanya Pada Musim Kering
Melemah dan Melemah

Hujan
Hujan Jangan Marah!

Kutipan "hujan jangan marah" saya petik dari sebuah band ERK (Efek Rumah Kaca) dan sepertinya tema ini secara tidak langsung menjadi topik hangat tentang intimidasi iklim yang tidak bersahabat akhir-ini ,mungkin kita bisa bercermin sejenak. Alam ; referensi imajinatif tuhan yang luar biasa, sekarang malah berbalik memusuhi manusia,?. Intropeksi itu jawabannya jawaban yang akurat dan sedikit menghujam keras ke mata kita. Tapi mari kita identifikasi seberapa jauh Alam mulai menunjukan sifat liarnya



ELNINO "perubahan struktrur iklim yang tidak stabil yang menyebabkan kondisi hujan tidak stabil" mungkin secara teori ini adalah faktor penting yang menyebabkan porak-porandanya curah hujan indonesia dewasa ini.
Citra Satelit

Doc. BMKG.

Perubahan cuaca yang tak menentu belakangan ini disebabkan indonesia sedang mengalami kondisi el nino. Kondisi saat ini mirip dengan apa yang terjadi tahun 1998, walaupun tak sama persis.
Bulan Agustus hingga September adalah musim transisi, hujan lebat disertai petir dan angin kencang kemungkinan masih sering terjadi. Citra Satelit
Perubahan cuaca yang tak menentu belakangan ini disebabkan indonesia sedang mengalami kondisi el nino. Kondisi saat ini mirip dengan apa yang terjadi tahun 1998, walaupun tak sama persis.
Bulan Agustus hingga September adalah musim transisi, hujan lebat disertai petir dan angin kencang kemungkinan masih sering terjadi.

Mungkin alam memang dusah uzhur dan tidak mampu lagi bernegoisasi dengan kondisinya, ditambah lagi manusia semakin banyak dan mulai melakukan pengrusakan Alam baik secra langsung maupun tidak langsung, mulai dari bencana alam: BANJIR,TSUNAMI,GEMPA BUMI yang semuanya diakumulasikan dari sistem GLOBAL WARMING yang semakin memprihatinkan

Mari kita bahas satu persatu tentang gejala-gejala alam ini
  1. BANJIR : keadaan curah hujan yang tak terdefinisikan yang menyebabkan akumulasi genangan air meninggi dan mulai naik dari permukaan tanah , relatif terjadi di semua wilayah indonesia, secara umum terbagi 2: banjir bandang,banjir hujan , JAKARTA adalah salah satu kota yang intensiv mengalami gejala alam yang bersifat negatif ini
  2. TSUNAMI:
    Menurut narasumber Tsunami berasal dari kata  Tsu = Pelabuhan dan Nami = Gelombang.  Menjadi bagian bahasa dunia, setelah gempa besar 15 Juni 1896, yang menimbulkan tsunami besar melanda kota pelabuhan Sanriku (JEPANG) dan menewaskan 22.000 orang serta merusak pantai timur Honshu sepanjang 280 km.Tsunami adalah gelombang laut yang disebabkan oleh gempabumi , tanah longsor atau letusan gunung berapi yang terjadi di laut. Gelombang tsunami bergerak dengan kecepatan ratusan kilometer per jam di lautan dalam dan dapat melanda daratan dengan ketinggian gelombang mencapai 30 m atau lebih. Magnitudo Tsunami yang terjadi di Indonesia berkisar antara 1,5-4,5 skala Imamura, dengan tinggi gelombang Tsunami maksimum yang mencapai pantai berkisar antara 4 - 24 meter dan jangkauan gelombang ke daratan berkisar antara 50 sampai 200 meter dari garis pantai: wilayah indonesia yang pernah mengalami: ACEH,NIAS KEPULAUAN,MENTAWAI, DLL
  3. GEMPA: Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.
    A.Jenis-jenis GEMPA: Gempa bumi vulkanik ( Gunung Api ) ; Gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempabumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut.

    B.Gempa bumi tektonik ; Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempabumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi, getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan [tenaga] yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik. Teori dari tectonic plate (lempeng tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik.



    REKOMENDASI: jagalah alam kita dan Dia pun akan menjaga kita













     







 

MENGANALISIS SISTEM ONLINE GUNADARMA

BAAK ONLINE

Tahukah anda mengenai BAAK online, disini saya akan menjelaskan BAAK online adalah situs milik universitas gunadarma yang menangani segala Sesutu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiawa Universitas Gunadarma,
Menu-menu yang terdapat di dalamnya adalah sebagi berikut
  • HOME         : Menu atau layar utama pada BAAK online
  • TENTANG BAAK     : Di menu ini terdapat 3 pilihan lagi diantaranya
  1. PROFIL BAAK : Di profil BAAK ini berisi tentang bagian yang terdapat di BAAK antara lain :
    1. BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
    2. Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
    3. Bagian Koordinasi Perkuliahan
      1. Sub Bagian Jadwal Kuliah;
      2. Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
      3. Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
    4. Bagian Monitoring Kuliah.
      1. Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
      2. Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa.
  2. STRUKTUR BAAK
  3. LOKASI BAAK


  • FAQ        : Di layanan ini terdapat pertanyaan-pertanyaan dalam BAAK
  • SITUS SAP    : Di layanan anda akan diberikan pengertian mengenai apa itu SAP
    • SAP sendiri memiliki menu layanan sebagai berikut
      • BAAK ONLINE
      • HALAMAN UTAMA
      • DAFTAR SAP
      • SEARCH SAP
      • DAFTAR KOORDINATOR
      • BACK
  • BUKU PEDOMAN : Di halaman ini anda dapat mendownlod buku pedoman penyusunan silabus, buku pedoman penyusunan SAP, buku pedoman proses belajar mengajar, dll
  • SITUS JURUSAN     : Dihalaman ini terdapat semua jurusan, diantaranya ilmu komputer, ekonomi, teknologi industri dll.

     








Selain dari menu diatas BAAK online memiliki fitur-fitur lainnya seperti :

  • Pelayanan di Loket BAAK 1-8    : Anda bisa lihat sendiri pelayanan ini yang terletak di sebelah kiri atas
  • Perkuliahan dan Ujian    : Di sini trdapat menu-menu layanan untuk mahasiawa gunadarma, diantaranya kalender akademik,daftar mata kuliah, daftar dosen pembimbing PI, dll. Anda hanya tinggal pilih salah satu sesuai keinginan anda lalu tekan go untuk masuk kehalaman itu.
  • Administrasi Akademik    : Di halaman ini diberitahukan bahwa semua mahasiswa universitas gunadarma apabila ingin cuti kuliah, daftar ulang, dll. Untuk masuk ke halaman yang ingin anda pilih cara nya sama dengan yang diatas.
  • News     : Di sini anda dapat melihat berita-berita online mengenai perkuliahan
  •     jadwal akademik: Disini berisi tentang Perkuliahan PTA 2010/2010, UAS ATA 2009/2010, Ujian Utama ATA 2009/2010 dll. Anda hanya tinggal mengklik salah stu untuk masuk kehalaman yang dituju
  • Info Mahasiswa     : Dengan layanan ini anda dapat mencari mahasiswa, ikuti saja petunjuknya jika anda ingin mencobanya
  • Google    : Anda pasti sudah tahu apa itu google, dan dibah google ini terdapat situs universitas gunadarma,
  • Kontak    : Apabila anda aau mahasiswa mempunyai keluhan atau data anda tidak akurat dan salah, tulis nama, email, dan pesan anda di Kontak ini.

 

 

 
REKOMENDASI PENULIS

 
Situs BAAK online ini tidak selamanya mempunyai kelebihan untuk seluruh mahasiswa khususnya universitas gunadarma, namun disini saya akan memberikan kelebihan dan kekurangan apa saja yang terdapat dalam situs BAAK ini,
Pertama, saya akan membahas kelebihannya terlebih dahulu, adapun kelebihan yang dimiliki BAAK ini adalah
  1. Mahasiswa (khususnya universitas gunadarma) dapat melihat jadwal kuliah, jadwal ujian dll
  2. Apabila mahasiswa dalam masa kuliah ingin cuti kuliah, dftar ulang, atau pindah jurusan bisa dibuka dan diurus di BAAK, karna situs ini memang beda dari situs-situs yang lainnya
  3. Mahasiawa dapat melihat berita-berita seputar gunadarma

     
    Namun kekurangannya adalah sebagai berikut
  4. Sebenarnya jika ingin menganilisis secara keseluruhan tentang situs online gunadarma,dan pelayanannya saya rasa tidak ada yang perlu saya komentari apabila ditinjau dari kemampuan saya. Hanya saja saya mungkin web online gunadarma masi bisa memperbaharui sistem grafis tampilan webnya agar lebih menarik,dan kalo boleh bermimpi: saya ingin dalam site gunadarma online baik: gunadarma.ac.id,student site.... disispkan aplikasi chatbox... dan ikoneksikan dalam server, jadi koneksi akun yang login dapat saling terhubung seperti situs jaringan sosial yang sedang hangat dipergunakan saat ini, sekedar impian seorang mahasiswa yang mungkin berlebihan.

     

     

     

     
    KESUKSESAN GUNADARMA DALAM PENGOLAHAN WEB DALAM SITE OMLINE

     


     

     

Kamis, 21 Oktober 2010

Abnormal Argumentatif

                                                                                                                                                         
                                 TERIAKAN FRASA


Banyak orang bicarakan kebenaran tanpa tahu defenisi hipotesa-hipotesa yang membentuk kebenaran itu sendiri
 klausa resperentif tentang keadilan,validnya argumen benarnya digembar-gemborkan
ironi tanpa arah,lebih tepatnya simulasi pengenalan jati diri dengan konsep positif yang tidak wajar
 "LAKUKAN SAJA" JANGAN TERIAKAN BENAR!


PENERAPAN MANAJEMENT "PERUSAHAAN LOKAL"

 Manajement (merupakan konseptualitas,aktualitas,analisis,dan proses pengembangan diri untuk mencapai sebuah tujuan,dengan memanfaatkan SDM (sumber daya manusia) maupun SDM (sumber daya alam), untuk mencapai target seseorang.
Dalam berbagai aspek kehidupan. kita menggunakan kemampuan emotional 
quantity,untuk membangun fundamental qualitas bidang yang akan kita dalami dan terapankan dalam pekerjaan kita, begitu dengan perusahaan.biasanya sebuah perusahaan sukses merupakan cerminan dimana sebuah perusahaan mampu mendedikasikan kemampuan "brainware source"(SDM) dan "nature sources"(SDA).

Dan dibawah ini merupakan salah satu refleksi kbrilianan sebuah perusahaan dengan kemampuan majement yang solid




Unilever Dukung Petani dan Pemetik Teh Melalui Gebyar CSR Petani Teh Kaliboja

PT Unilever Indonesia Tbk, yang telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 76 tahun akan terus melanjutkan komitmennya bersama masyarakat menciptakan masa depan yang lebih baik.


 Program perberdayaan petani merupakan salah satu tanggung jawab sosial PT Unilever Indonesia, yang diawali di jawa tengah "Pekalongan" pada awal 2009 kemarin
Salah satu wujud apresiatifnya adalah dengan melakukan pembinaan terhadap dan mendukung pemberdayaan petani teh wanita yang berjumlah, 589 petani agar dapat meningkatkan kesejahteraan serta mendapatkan pelatihan berorganisasi, ketrampilan, kepribadian dan juga kewirausahaan di wilayah Rukun Tetangga dan Sekitarnya
Agribisnis teh di Indonesia masih bergantung pada perkebunan rakyat, sedangkan produktivitas pertanaman teh rakyat masih rendah dikarenakan petani teh belum menjadikan tanaman teh sebagai komoditas utama, kepemilikan yang sempit sebagai suatu lahan usaha, kelembagaan petani yang belum mapan, kultur teknis dan pemeliharaan yang masih kurang. Oleh karena itu, PT Unilever Indonesia Tbk bekerjasama dengan PT Pagilaran dan Fakultas Pertanian UGM memiliki komitmen untuk meningkatkan produktivitas pertanaman teh petani di wilayah Pekalongan.

Tahun ini, acara "Gebyar CSR Petani Teh Kaliboja 2010" yang diadakan untuk pertama kalinya di Kecamatan Kaliboja, Kabupaten Pekalongan, pada tanggal 7 Agustus 2010 bertujuan untuk merayakan kemandirian ekonomi dan sosial selain memberikan apresiasi, serta mempererat tali silaturahmi antar kelompok petani teh di Pekalongan.

Acara ini dihadiri oleh Ibu Qomariyah, Bupati Pekalongan, Ibu Sinta Kaniawati, General Manager Yayasan Unilever Indonesia, Maya Tamimi, Program Manager PT Unilever Indonesia Tbk, Ir. Rachmad Gunadi Msi, Direktur Utama PT Pagilaran, Prof. Ir. Triwibowo Juyono Phd,
Juga hadir dari Fakultas Pertanian UGM serta tokoh masyarakat dan puluhan kelompok tani dan teh sekabupaten Pekalongan.

Sinta Kaniawati, mengatakan, "Program pemberdayaan pemetik dan petani teh adalah salah satu bentuk nyata komitmen Unilever Indonesia dalam menciptakan masa depan yang lebih baik untuk masyarakat setempat. Sebagai perusahaan produsen teh, kami berharap dengan adanya program ini dapat meningkatkan semangat kerja dan hubungan kerja yang baik, sehingga dapat terciptanya akselerasi produktivitas yang lebih tinggi menuju kesuksesan bersama. "

Yayasan Unilever Indonesia telah berhasil membina dan memberdayakan pendamping dari PT Pagilaran yang telah bergabung dan berharap jumlah ini akan terus bertambah setiap tahunnya. Dalam program ini, Yayasan Unilever Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Daerah termasuk Pemerintah Daerah Pekalongan yang turut menfasilitasi program pemberdayaan petani dan pemetik teh.

Maya Tamimi, mengatakan, "Kami menyadari bahwa pasokan teh untuk bahan baku teh Sariwangi mempunyai standar kualitas industri yang tinggi. Kami senang perempuan petani dan pemetik teh yang kami bina juga mempunyai semangat dan dedikasi yang tinggi tidak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, namun juga aspek sosial."

Ibu Qomariyah, Bupati Pekalongan, menyambut positif program ini dan mengucapkan "Terima kasih kepada Unilever Indonesia yang telah mendukung program pemberdayaan petani dan pemetik teh di Kabupaten Pekalongan, serta mendukung dan merasa sangat bangga dengan perubahan yang terjadi baik pada petani maupun ibu-ibu pemetik dan petani teh yang sangat percaya diri".

Kedepan Bupati berharap, program kemitraan pemetik teh dapat terus berjalan di kabupaten Pekalongan melalui pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Unilever, PT Pagilaran dan UGM karena petani dan pemetih teh tersebut dapat tampil lebih percaya diri dan bekerja dengan iklim kerja yang sinergis sehingga dapat menuju kinerja yang produktif dan menguntungkan. Selain itu, program ini diharapkan dapat menjadikan tanaman teh sebagai komoditas utama.

Sejak didirikan 10 tahun lalu, Yayasan Unilever Indonesia menaungi tiga pilar yang menitikberatkan pada program lingkungan, program pendidikan kesehatan masyarakat dan program pengembangan ekonomi. Saat ini Yayasan Unilever Indonesia telah memiliki lebih dari 300.000 Agen Perubahan. Kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh PT Unilever Indonesia Tbk senantiasa memiliki relevansi terhadap bisnis guna memastikan keberlanjutannya (sustainability). Beberapa program yang dilakukan oleh Yayasan Unilever Indonesia telah mencakup aspek pemberdayaan dan kemandirian masyarakat termasuk program pemberdayaan petani kedele hitam dan pengelolaan sampah mandiri

Tahun ini, Yayasan Unilever Indonesia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan langkah kecil inspiratif dalam kehidupan sehari-hari, yang dapat membawa perubahan besar dengan melakukan 'pledge' atau ikrar di bidang lingkungan, kesehatan / nutrisi dan pengembangan produk pertanian lokal. Hal ini di dorong oleh kesadaran masyarakat yang tinggi untuk melakukan suatu perubahan dan diyakini dapat menginsipirasikan orang lain. 'Pledge' adalah ikrar individu untuk melakukan perubahan kecil dimulai dengan diri sendiri seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir; menggosok gigi dua kali sehari; serta memilah sampah organik dan non-organik.
Dalam rangka menyambut tahun ke 10 dalam berkiprah, kegiatan Yayasan Unilever Indonesia juga di perluas cakupannya meliputi:

Program Lingkungan: program pemberdayaan masyarakat dalam pelestarian lingkungan yang menitikberatkan pada masalah persampahan, penghijauan dan resapan air. Program ini dimulai sejak tahun 2001 di Surabaya dan kini telah bergulir ke beberapa kota lainnya seperti Jakarta, Medan, Yogyakarta, Makassar, Bandung, Banjarmasin dan Balikpapan. Trashion: adalah kegiatan penting bagian dari program Green & Clean, dimana ibu-ibu dilatih ketrampilannya untuk menjahit kemasan bekas produk untuk dijadikan barang yang bermanfaat. Kegiataan ini menumbuhkan sifat kewirausahaan serta pemberdayaan perempuan. Tahun ini Trashion dikembangkan lebih jauh di 6 kota besar yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan dan Bandung.

Program Pengembangan Ekonomi: kegiatan Pembinaan dan Pemberdayaan Petani Kedele Hitam di 7 kabupaten di pulau Jawa, menjangkau sekitar 93.000 penerima manfaat (beneficiaries); Program Pemberdayaan Perempuan memberikan kesempatan kepada lebih dari 1.000 perempuan untuk menghasilkan pendapatan dengan melibatkan mereka dalan proses paska panen, serta membekali mereka dengan berbagai pelatihan keterampilan termasuk nutrisi dan pengetahuan, kewirausahaan dan pengembangan diri.

Program Edukasi Kesehatan Masyarakat: peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan serta kebutuhan nutrisi kini merambah hingga ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di tiga kabupaten di Surabaya; peningkatan pengetahuan mengenai penyalahgunaan narkoba dan AIDS di kalangan remaja diperluas hingga ke Sidoardjo, Pasuruan dan Madiun; program peningkatan pengetahuan nutrisi dengan WFP juga diperkaya dengan edukasi mecuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta pembinaan untuk diversifikasi pangan. Perilaku hidup bersih dan sehat juga mulai diperkenalkan pada sarana publik dalam program Pasar Sehat di Yogya.







SUMBER:"http://wartajakarta.com/"

Sabtu, 16 Oktober 2010

TEORI EVOLUSI MANAJEMENT

Sejarah tentang perkembangan evolusi sebenarnya berasal dari tahap klasifikasi metode penelitian beberapa ahli ilmuan manajement

Yang berkembang pada saat itu, kata ménagement "yang memiliki arti seni dalam mengatur"

pada masa sebelum makna definisi manajement belum dapat di interprestasikan secara universal ada beberapa ahli manajement yang mengklarifikasikan defenisi manajement secara sempit : MARY PARKER FOLLET ; menggambarkan manajement sebagai seni untuk menyelesaikan masalah orang lain, yang disempurnakan oleh defenisi RICKY W GRIFFIN ; yang menyatakan bahwa manajement adalah sebuah proses perencanaan,pengorganisasian,pengkoordinasian,dan pemecahan ,masalah dan penimbangan sumber "source" daya alam maupun, maupun sumber daya manusia.


Perkembangan Teori Evolusi Management


Terbagi atas beberapa fase; secara pandangan umum

1.pendekatan klasik :manajement ilmiah,prinsip-prinsip administratif,teori organisasi organisatif

2.pendekatan SDM

3.pendekatan kuantitatif

4.pendekatan modren


1.Pendekatan klasik: (the classical approaches)

Lebih dikenal dengan manajement ilmiah (scientic manajement) dan teori organisatif klasik beserta birokrasi terapan pada manajement dengan prinsip-prinsip manajement universal yang dapat beradaptasi di berbagai lingkungan dan kondisi


2.Pendekatan SDM;(the human resources approaches)

Yang dikenal juga sebagai aliran prilaku,yaitu pada pendekatan pada studi manajement perkantoran,dengan pertimbangan faktor-faktor sosial di tempat kerja,berbeda dengan pendekatan klasik yang dapat beradaptasi dengan mudah dengan kondisi dan faktor lingkungan


3.Pendekatan kuantitatif atau pendekatan ilmu manajement(quantitative Approaches)

Pendekatan manajement dengan menggunakan teknik matematika dalam pembahasannya


4.pendekatan Modern(modren Approaches)

Pendekatan evolusi baru dengan pendekatan pemikiran sistem kontigensi berdasarkan komitmen dengan mutu dan dedikasi kerja yang tinggi.